Senin, 23 Januari 2012

Lomba Kue Tampah

Dalam rangka saparan desa, diadakan lomba kuliner lokal dengan tema kue tampah. Pesertanya ada 21 dusun, itu kalau ikut semua. Ya sutralah, kita coba aja. 
Selama ini memang belum pernah buat, cuman mupeng aja kalau pas blog walking. Ngiler, kapan bisa bikin yang seperti itu, seperti ini, kayak Bu A, Bu B dan masih banyak lagi. Akhirnya dapat kesempatan juga. Biarpun bukan pesenan orang tapi cukuplah untuk pemanasan. Sekalian ngira-ira berapa jumlah kue yang harus dipersiapkan.
Kue yang disiapkan :
  1. Kue lumpur talas ( yang ijo-ijo nyandar )
  2. Kue pukis waluh  ( yang bulet-bulet kecil muter )
  3. Getuk kethak ( putih di pinggir )
  4. Kroket singkong (coklat dengan toping cabe merah & daun seledri )
  5. Brownies panggang ( udah pada tau ^-^ )
  6. Kroteltart ( tengah dengan toping anggur dibikin kipas )
  7. Pinasti (gak keliatan, belon mateng)

kue tampah
Kue-kue ini hasil kreasi kita-kita jadi gak bakalan dijumpai di pasar-pasar apalagi di mal-mal. So, kalau penasaran boleh datang ke tempat kita atau pesen aja.
Dan inilah penampakan si pinasti itu.....

pinasti
Kue ini dibuat dari singkong dicampur dengan nanas dan ditaburi kelapa muda parut sehingga rasanya manis, asam, gurih, pokoknya enak dech.
Semua makanan yang kita bikin ini gak pake terigu lho temans, alias gluten free soalnya diganti ama tepung mocaf. Banyak yang gak percaya kalau semua dibikin gak pake terigu cuman begitulah keadaannya. Malu ama leluhur kalau pake barang import semua sementara di sekitar kita bahan makanan lokal berlimpah. Siapa lagi kalau bukan kita yang menghargainya ?????
Dan alhamdulilah, kue tampah kita juara 1 ( horreeeee )......^-^. Semua terkagum-kagum dengan kreasi kita. Mereka heran kok bisa punya ide menata beberapa makanan di atas tampah, kayak tumpeng aja he..he..he... Inilah hasil blog walking beberapa hari dan semedi di bawah pohon rambutan.....Duhh senengnya, semua lelah terhapus sudah.
Sekarang udah pede terima pesenan nich. Udah bisa mengira-ira berapa kebutuhan kuenya dalam 1 tampah. Terima kasih semuanya...... Sampai jumpa di tantangan berikutnya !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dhiti